Lubis, Rajo Hasim (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMAN 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121019 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4102121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4102121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4102121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4102121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4102121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4102121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4102121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4102121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4102121019 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4102121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Listrik Dinamis di kelas X Semester II di SMAN 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMAN 1 Hinai yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay,jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 14,83 dan kelas kontrol adalah 16,17, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 67,5 dan kelas kontrol 58,67. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,33 sedangkan ttabel = 2,40. Karena thitung > ttabel (3,33 >2,40) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Lub e |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Berbasis Masalah Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11461 |