Manik, Sinemaso H. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104121004 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4104121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4104121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4104121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4104121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4104121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4104121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4104121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4104121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4104121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4104121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 256 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajardalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,98 dengan standar deviasi 9,03, dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,55 dengan standar deviasi 9,10. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1419 dan Ltabel = 0.1347, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1447, dan Ltabel = 0.1519, sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,11 dan Ftabel = 1,57 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,91 dengan standar deviasi 10,92 dan kelas kontrol 63,33 dengan standar deviasi 11.52. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 74,91 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,47 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Man p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar;Model Pembelajaran;Besaran Gerak Lurus; Jarak; Peroindahan;Lingkungan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11459 |