Mintari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTU ELECTRONICS WORKBENCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERIPOKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 BINJAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
40211210014 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
40211210014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
40211210014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
40211210014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
40211210014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
40211210014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
40211210014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
40211210014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
40211210014 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
40211210014 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
40211210014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantu electronics workbench dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis di SMA Negeri 1 Binjai T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri berbantu electronics workbench dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 36,35 dengan standar deviasi = 7,96 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol = 35,45 dengan standar deviasi = 8,51. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung< ttabel (0,457<1,9973), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri berbantu electronics workbench dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 66,8% dengan kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 82,83 dengan standar deviasi = 8,78 dan kelas kontrol = 71,66 dengan standar deviasi = 10,2. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,93 dan ttabel = 1,9973, sehingga thitung > ttabel (4,93>1,9973) maka H diterima yakni ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantu electronics workbench terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Men p |
Keywords: | Hasil Belajar;Aktivitas Belajar;Model Pembelajaran;Elektronics Workbench; arus listrik;Tahanan Listrik;Hukum Ohm;Kuat Arus Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11457 |