Marwan, Khairun Nisa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERISUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 BATANG KUIST.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321025 Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103321025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4103321025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103321025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103321025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103321015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103321025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103321025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103321025 BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4103321025 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103321025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing X-5 dan X-7. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 35,16 dan 34,03. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 74,19 dan 67,90. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 60,88 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 mar p |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Inquiry Training; Konvensional; Hasil Belajar;Aktivitas;Peran Guru |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11455 |