Desinta, Feny (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 4 BINJAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321015 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103321015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4103321015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4103321015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4103321015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
4103321015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103321015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4103321015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103321015 BAB I.pdf - Published Version
Download (814kB) | Preview
4103321015 BAB V.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4103321015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2013/2014 dan aktifitas belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Powerpoint . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Powerpoint dan kelas X-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan lembar observasi aktifitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,50 dan pada kelas kontrol 30,75. Setelah dilakukan uji t dua pihak pada pretes, hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Powerpoint sebesar 70,75 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 61,75. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 645,95%, pertemuan kedua 76,90% dan pertemuan ketiga 84,40 %. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantu Powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Des p |
Keywords: | TGT; powerpoint; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Konvensional; Listrik Dinamis;Kuat Arus Listrik; Tegangan Listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11453 |