Almira, Novriyanti (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPOKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121005 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4103121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
4103121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4103121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103121005 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Delitua.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Delitua yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal. Dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa adalah lembar observasi aktivitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,90 dan nilai rata-rata pretes 30,48. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas thitung = 0,718 dan ttabel = 1,982, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,63 dan kelas kontrol 67,48. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 1,912 dan ttabel = 1,671, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Delitua. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dari tiga kali pertemuan adalah sebesar 71,03% dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536,107 1 Nov p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Suhu dan Pemuaian; Kalor dan Perubahan Wujud |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11451 |