Purba, Nurhaida Natalia (2014) KOMBINASI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM INDERAMANUSIA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141053 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141053 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
4103141053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103141053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4103141053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141053 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4103141053 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Binjai dengan menggunakan kombinasi metode Numbered Head Together (NHT) dengan strategi peta konsep (concept mapping) mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Binjai T.P 2012/2013. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus penelitian. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, dan hasil dari penilaian peta konsep yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar penilaian peta konsep siswa serta lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 16,67. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest adalah 42,50 rata-rata postest I adalah 63,33(16 siswa tuntas) dan nilai rata-rata siswa pada postest II adalah 80,00 (32 siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 44,44%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai ≥80%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 88,89%. Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian terhadap hasil peta konsep (concept mapping) siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada peta konsep pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 72,32%, dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 90,18%. Hasil penelitian membuktikan, kombinasi metode Numbered Head Together (NHT) dengan strategi peta konsep (Concept Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Binjai T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Pur k |
Keywords: | Belajar Mengajar; Hasil Belajar; Metode Numbered Head Together (NHT); Peta Konsep; Alat Evaluasi; Sistem Indra Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11444 |