Kasum, Ummi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SERBAJADI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141085 COVER .pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103141085 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103141085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103141085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4103141085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103141085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103141085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103141085 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103141085 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
4103141085 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103141085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada April-Mei 2014. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I sampai siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64,67 dan ketuntasan secara klasikal 63,33% (tidak tuntas). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 76 dan ketuntasan secara klasikal 80% (tidak tuntas). Rata-rata hasil belajar siklus III 100% (tuntas). Terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas dari siklus I dan II yaitu 16,67% (6 siswa) dan dari siklus II dan III terjadi peningkatan 20% (4 siswa). Sehingga pada siklus III persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Aktivitas Belajar Siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Serbajadi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Didapat bahwa secara klasikal aktivitas visual dari siklus I sampai siklus III meningkat 20,82%, aktivitas mendengarkan meningkat dari siklus I sampai III 25,43%, aktivitas oral meningkat dari siklus I sampai III 17,91%, aktivitas diskusi meningkat dari siklus I sampai III 20,83%. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa pada materi sistem regulasi manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Kas p |
Keywords: | Belajar Aktif; Konstruktivisme; Sosial Bandara; Kooperatif Tipe NHT; Langkah-langkah; Sistem Regulasi Manusia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 06:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11436 |