Gultom, Lambertha L. R (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA SANTA MARIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141033 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103141033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
4103141033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103141033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103141033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103141033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103141033 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4103141033 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA di SMA Santa Maria Medan pada tahun pembelajaran 2014/2015 pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran berbasis proyek sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari kemampuan siswa menjawab soal-soal level tinggi (C4, C5, dan C6) yang diberikan pada akhir pembelajaran (post-test). Berdasarkan hasil post-test, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,3 dan kelas kontrol 73,33. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan thitung (3,21) > ttabel (1,4215). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam hal menjawab soal-soal level tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.870 712 Gul p |
Keywords: | Hasil Belajar; Taksonomi Bloom; Model Pembelajaran; Berbasis Proyek; Pembelajaran Langsung; Materi Sel |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11435 |