Harahap, Siti Noranijah (2014) STUDI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMA NEGERI KOTA MADYA PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141039 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4101141039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4101141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4101141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4101141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4101141039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101141039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101141039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101141039 BAB 1.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4101141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru biologi bersertifikat pendidik di SMA kota Pematangsiantar.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 5 SMA Negerti kota Pematangsiantar, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi bersertifikat pendidik di SMA Negerti kota Pematangsiantar yang berjumlah 22 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara sampel total yakni guru yang bersertifikat pendidik yang mengajar biologi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru biologi Kota Pematangsiantar dari sudut pandangan guru tergolong kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 93,86 (78,21%). Sedangkan tingkat kompetensi pedagogik guru biologi dari sudut pandangan siswa tergolong kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 1709,61 (7,76%). Hasil kompetensi pedagogik guru biologi berdasarkan sub kompetensi juga menunjukkan bahwa memahami peserta didik tergolong kategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 83,70%, merancang pembelajaran termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran tergolong kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 79,37%, melaksanakan pembelajaran tergolong kategori sangat baik dengan skor rata-rata 81,58%, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran tergolong kategori baik dengan skor rata-rata 70,45%, dan mengembangkan pembelajaran tergolong kategori cukup baik dengan skor rata-rata 56,23%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Har s |
Keywords: | sertifikasi guru; guru profesional; kompetensi; pefagogik; kualitas pembelajaran; guru bersertifikasi pendidik |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11422 |