Fitrianingsih, Try (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141084 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4103141084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4103141084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4103141084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4103141084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103141084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4103141084 BAB 1.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103141084 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103141084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru biologi terhadap motivasi hasil belajar siswa biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjungmorawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil secara purposive sampling. Data kepribadian guru biologi dan motivasi hasil belajar siswa diperoleh melalui instrumen penelitian menggunakan angket (kuesioner) yang bersifat tertutup. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kepribadian guru biologi sebesar 80,92 dengan simpangan baku sebesar 9,06 dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa biologi sebesar 74,55 dengan simpangan baku sebesar 7,62. Dari uji prasyarat data untuk uji homogenitas data diperoleh X2hitung < X2tabel (-1,51 < 31,41) maka dapat disimpulkan data bersifat homogen dan untuk uji normalitas data kepribadian guru biologi diperoleh Lhit< Ltab (0,1264 < 0,1396), dan motivasi belajar siswa diperoleh Lhit< Ltab (0,0475 < 0,1396) maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Besarnya korelasi antara kepribadian guru biologi dengan motivasi belajar siswa adalah 0,483. Berdasarkan interpretasi atau nilai r yang diperoleh, ada hubungan yang cukup kuat antara kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada signifikan 5%. Untuk uji hipotesis pada taraf nyata 5% atau α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung > ttabe atau 2,93 > 1,68 dan hasil determinasi diperoleh 23,32% sehingga dalam pengujian hipotesis berarti Ho ditolak dan sekaligus Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Fit h |
Keywords: | kepribadian guru; motivasi; belajar; variabel penelitian; instrumen; analisis data |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11416 |