Sirait, Khairun Fitri (2014) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMK CITRA ABDI NEGORO KABUPATEN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441022 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409441022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
409441022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409441022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409441022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409441022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409441022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409441022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409441022 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
409441022 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409441022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepribadian guru biologi terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas Xdi SMK Citra Abdi Negoro Tahun Pembelajaran 2013/2014Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X SMK Citra Abdi Negoro Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berada di Kabupaten Batu Bara. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random sampling dari 5 kelas dengan jumlah total 150 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian.Uji persyaratan data hasilnya diketahui bahwa data kepribadian guru biologi maupun data motivasi belajar siswa berdistribusi secara normal dan homogen dengan nilai rata-rata 101,31 dengan standar deviasi 9,85 untuk data kepribadian guru dan rata-rata 108,61 dengan standar deviasi 11,00 untuk data motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ = 64,72 + 0,44 X merupakan regresi linier, dimana Fhitung < Ftabel (1,048 < 1,530) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,392 dengan indeks determinasi I = 15,37 %. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara kepribadian guru biologi dengan motivasi belajar siswa, dimana faktor kepribadian guru memberikan kontribusi sebesar 15,37 % terhadap peningkatan motivasi belajar biologi siswa. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel (5,163 > 1,645) sehingga dalam pengujian hipotesis berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 9 Sir h |
Keywords: | kepribadian guru; motivasi belajar; variabel penelitian; tingkat kecenderungan; uji persyaratan analisis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11414 |