Ningsih, Novi Widya (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) DI KELAS X SMA NEGERI 1 SALAPIAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141068 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408341037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
408341037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408341037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
408341037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408341037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408341037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408341037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408341037 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
408341037 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408341037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Examples non Examples dengan Student Facillitator and Explaining pada materi pokok Dunia Tumbuhan di kelas X SMA Negeri 1 Salapian. Penelitian ini merupakan penelitian Eksprimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Salapian yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster sampling dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-3 dan X-4 yang berjumlah 80 orang. Kelas X-3 diajarkan dengan model Examples non Examples dan X-4 diajarkan dengan model Student Facillitator and Explaining. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 30 soal yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapat untuk kelas ENE adalah sebesar 80,0 dengan standar deviasi 8,23 lebih tinggi dibanding dengan kelas SFAE sebesar 70,27 dengan standar deviasi 8,14 sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 9,63%. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t menghasilkan thitung= 5,29 dan ttabel = 1,99 dengan dk = 78 dan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan kriteria H0 diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.107 12 Nin p |
Keywords: | pembelajaran biologi; hasil belajar; aktivitas belajar; pembelajaran kooperatif; student facilitator and explaining; dua tumbuhan (plantae) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11407 |