Panggabean, Imelda Kristina (2014) PERSEPSI GURU IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KOTA MEDAN TERHADAP KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141013 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101141013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4101141013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4101141013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4101141013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4101141013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4101141013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101141013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101141013 BAB I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4101141013 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4101141013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di beberapa sekolah termasuk SMP di kota Medan sejak semester ganjil 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman, penerimaan dan kesiapan guru IPA Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kota Medan terhadap Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah guru-guru IPA SMP di Kota Medan yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 yaitu berjumlah 24 orang dari tiga sekolah yaitu SMP Negeri 1 sepuluh orang , SMP Negeri 34 enam orang dan SMP Negeri 38 delapan orang. Instrumen penelitian adalah angket tertutup sebanyak 40 item soal dan penilaian RPP. Data yang diperoleh dari hasil angket guru IPA ditabulasi dan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru IPA SMP Negeri se-kota Medan mempunyai pemahaman dan kesiapan yang baik dengan nilai berturut-turut 86,03 dan 89,3 namun untuk penerimaan bernilai 76,3 artinya kurang menerima dan kurang setuju dengan pelaksanaan Kurikulum 2013. Guru paham dan siap melaksanakan Kurikulum 2013, walaupun sebenarnya kurang setuju dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang terlalu terburu-buru. Hasil penilaian terhadap RPP guru IPA rata-rata 90,22 (Amat Baik), artinya guru mampu menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pan p |
Keywords: | guru; pelaksanaan kurikulum; perbedaan; KTSP; SMP; RPP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11403 |