Batubara, Ninda Hardiana (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131044 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4103131044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4103131044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103131044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4103131044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103131044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103131044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4103131044 BAB I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4103131044 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran (Macromedia Flash, Powerpoint, Kartu Bergambar, dan Poster) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dua tahap yaitu sampel kelas dengan teknik sampling total dan sampel siswa dengan teknik sampling purposif. Dalam penelitian digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan seiap perlakuan diberi 20 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran dengan berbagai jenis media yang berbeda yaitu Macromedia Flash (Kelas XI IPA 1), Powerpoint (Kelas XI IPA 2), Kartu Bergambar (Kelas XI IPA 3), dan Poster (Kelas XI IPA 4). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh terhadap rataan hasil belajar siswa dengan uji analisis ragam dimana harga Fhitung>Ftabel (3,23 > 2,72). Dari hasil uji BNT diperoleh rataan hasil belajar dan standard deviasi kelas eksperimen I (92 + 5,35)a, powerpoint (90,4 + 6,14)a, kartu bergambar (87,60 + 7,27)a, dan media poster (81,10 + 6,66)b, dengan demikian disimpulkan bahwa ketiga media pembelajaran (Macromedia Flash, Powerpoint, dan Kartu Bergambar) memberikan rataan nilai hasil belajar yang tidak berbeda secara statistika, namun ketiga media pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan media pembelajaran poster
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Bat p |
Keywords: | model pemeblaajran; picture and picture; media pembelajaran; sistem koloid; dispersi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11382 |