Pane, Elisa Muchlisina (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WEBLOG DAN HANDOUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131017 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4103131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103131017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103131017 BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4103131017 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA yang dibelajarkan menggunakan media Weblog dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari pada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan media Handout dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 siswa dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran menggunakan media webblog dengan model pembelajaran NHT dan kelas yang diberi pengajaran menggunakan media handout dengan model pembelajaran NHT. Nilai rata-rata gain untuk siswa kelas eksperimen 1 (0,730 ± 0,104) dan untuk siswa kelas eksperimen 2 (0,540 ± 0,106). Pengujian hipotesis dengan uji pihak kanan. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 8,046 serta nilai ttabel sebesar 1,675 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 78, sehingga thitung > ttabel. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 ini sebesar 73% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 ini sebesar 54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA menggunakan media webblog dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA menggunakan media handout dengan model pembelajaran NHT pada pokok bahasan koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Pan p |
Keywords: | karakteristik ilmu kimia; media pembelajaran; media E- learning weblog; pembelajaran handout; sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11381 |