PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BENTUK ORGANISASI SISWA DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) PENGURUS OSIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2012/2013

Syarif, Kemali (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BENTUK ORGANISASI SISWA DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) PENGURUS OSIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2012/2013. Jurnal Intelektual, 09 (01). pp. 41-46. ISSN 1907-414X

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Bentuk Organisasi Siswa Dalam Meningkatkan Sikap Kepemimpinan (Leadership) pengurus OSIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan TA.2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bentuk organisasi siswa dalam meningkatkan sikap kepemimpinan (leadership) pengurus OSIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang merupakan pengurus OSIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2012/2013. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap kepemimpinan (Leadership) pengurus OSIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2012-2013, dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis dengan uji perbedaan rerata skor pre-test dan post-test dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan pada uji hipotesis (t hitung > t tabel = (6,1856526>1,80 pada taraf signifikan 5%). Treatment layanan bimbingan kelompok organisasi siswa terbukti efektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan (Leadership) dengan perbedaan skor post-test dan pre-test sebesar 120,416>81,55. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan layanan bimbingan kelompok bentuk organisasi siswa dapat meningkatkan sikap kepemimpinan (Leadership) pengurus OSIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Article
Keywords: Layanan bimbingan kelompok; Sikap; Kepemimpinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:33
Last Modified: 28 Feb 2017 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item
View Item