Tampubolon, Arif Rahman Hakim (2014) APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA1 MADRASAH ALIYAH PERSIAPAN NEGERI (MAPN) 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141003 COVER.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4101141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4101141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4101141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4101141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4101141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4101141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan strategi Active Knowledge Sharing pada materi pokok sistem ekskresi dikelas XI IPA1 MAPN 4 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data diperoleh dari satu kelas yang dipilih secara random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAPN 4 Medan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 77 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas XI IPA1 yang terdiri dari 38 siswa yang diberikan pengajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing.Aplikasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan penguasaan materi sistem ekskresi diperoleh dari kemampuan siswa mengerjakan soal materi sistem ekskresi sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan niai rata-rata pretest sebesar 46,53% dan postest sebesar 85,68% dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi yaitu 39,16%. Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan mengaplikasikan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada materi pokok sistem ekskresi, maka diharapkan strategi pembelajaran ini dapat diterapkan dalam pengajaran materi biologi lain atau pengajaran materi pelajaran diluar mata pelajaran bioogi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Tam a |
Keywords: | hasil belajar; strategi pembelajaran; active knowledge sharing; sistem ekskresi; gangguan; invertebrata; vertebrata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11369 |