Pasaribu, Margaretha Aurelia (2014) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN CHEMOPOLY BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MOL KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331029 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103331029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103331029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103331029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103331029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103331029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103331029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103331029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103331029 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4103331029 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103331029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan media permainan chemopoly yang berbasis model pembelajaran Numbered Head Together pada konsep mol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas eksperimen secara acak yaitu kelas X IPA7 sebagai kelas eksperimen I dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Banyaknya sampel dalam kelas masing-masing 32 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakukan model pembelajaran Numbered Head Together dengan media permainan chemopoly dan kelas eksperimen II diberikan perlakukan model pembelajaran Numbered Head Together tanpa media. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,6949±0,0366 sedangkan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,64478±0,09316. Persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah 70,12% sedangkan kelas eksperimen II adalah 65,34%. Data kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogeny sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung > ttabel (6,30>1,670) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil pelajar pada konsep mol dengan penerapan media permainan chemopoly berbasis model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dibanding dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tanpa media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.220 712 Pas p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; kelemahan dan kelebihan; tipe NHT; media pembelajaran; konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11362 |