Situmorang, Ing Mayfa (2014) PERNGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN TOPIK KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131028 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4103131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
4103131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan besar kontribusi pembentukan karakter dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA pada sub materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 68 orang dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan uji awal dan akhir kelompok kontrol acak. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas,dan memiliki realibilitas sebesar 0,84. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 59,26 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 57,21. Setelah diberi perlakuan maka diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 84,12 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 75,44. Semua data pre-test dan gain siswa telah diuji normalitas dan homogenitas hasilnya data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas eksperimen adalah sebesar 61% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas kontrol adalah sebesar 43%, sehingga penelitian memiliki perbedaan peningkatan hasil belajar sebesar 18% di sekolah SMA Negeri 3 Medan. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak bahwa ada pengaruh model PBL terhadap peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan uji satu pihak yaitu thitung > ttabel (2,13 > 1,6697) dan ada pengaruh pembentukan karakter dengan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari perhitungan korelasi rhitung > rtabel (6,23 > 0,339).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.220 712 Sit p |
Keywords: | prinsip- prinsip belajar; kimia; pembeljaran ilmu kimia; hasil belajar; media peta konsep; konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11360 |