Situmorang, Tetra Agustina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BINJAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141079 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103141079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103141079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103141079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4103141079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103141079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103141079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103141079 BAB I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103141079 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103141079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan model pembelajaran Problem Based Learning dalam implementasi kurikulum 2013 pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Binjai TP. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 50 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk data kualitatif (aktivitas siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar). Data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas secara individu dan secara klasikal yaitu untuk kelas yang diajar dengan Role Playing memiliki hasil belajar pada ranah afektif sebesar 77 dan pada ranah psikomotorik sebesar 75,3, sedangkan kelas yang diajar dengan Problem Based Learning memiliki hasil belajar pada ranah afektif sebesar 75 dan pada ranah psikomotorik sebesar 73,6. Data hasil belajar kognitif diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Data yang sudah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif kelas Role Playing adalah 85 sedangkan kelas Problem Based Learning adalah 80,5. Peningkatan hasil belajar kelas Role Playing sebesar 45,7 sedangkan kelas Problem Based Learning sebesar 39,8. Jadi, perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 5,90. Dari hasil uji t(1-1/2 α) diperoleh thitung > ttabel ( 2,29 > 1,99) yang berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan model pembelajaran Problem Based Learning dalam implementasi kurikulum 2013 pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Binjai TP. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Sit p |
Keywords: | tipe bermain peran; problem based learning; keterampilan; orang dewasa yang otentik; mandiri; kurikulum 2013; alat ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11357 |