Yulianti, Rika (2014) PERBEDAAN KECAKAPAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (ST) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SELESAI KABUPATEN L. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141066 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103141066 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4103141066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103141066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4103141066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103141066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103141066 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4103141066 BAB V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4103141066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini telah dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Think Pair Share pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 75,25 dengan standar deviasi 9,055 dan nilai rata-rata kecakapan sosial adalah 71,313 dengan standar deviasi 5,095. Sedangkan nilai rata-rata kelas Think Pair Share adalah 67 dengan standar deviasi 7,46 dan nilai rata-rata untuk kecakapan sosial adalah 66,75 dengan standar deviasi 6,41. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung > ttabel (3,928 >1,999) untuk hasil belajar siswa, dan thitung > ttabel (3,444 >1,999) untuk hasil kecakapan sosial, sehingga dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha.Pada ketuntasan belajar siswa di kelas Snowball Throwing sebanyak 25 siswa atau 78,12% dan siswa yang tuntas belajar pada kelas Think Pair Share sebanyak 14 siswa atau 43,75%. Siswa yang tidak tuntas pada kelas Snowball Throwing sebanyak 7 siswa atau 21,87% dan siswa yang tidak tuntas belajar pada kelas Think Pair Share 18 siswa atau 56,25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi dan kecakapan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Think Pair Share pada materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Yul p |
Keywords: | hasil belajar; kecakapan sosial (social skill); tipe think pair share; tipe snowball throwing; sistem ekskresi pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11353 |