Afriza, Dedy (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA CHARTA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141003 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4102141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4102141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4102141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4102141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4102141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4102141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual dan media charta. Mengetahui apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 2 Babalan tahun pembelajaran 2013/2014, dilaksanakan selama bulan Februari - Mei 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babalan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 326 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 76 orang. Kelas VII 1 diberi pembelajaran dengan menggunakan media Audio-Visual, dan kelas VII 3 diberi pembelajaran menggunakan media Charta. Alat pengumpul data berupa tes pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan media Audio-Visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran menggunakan media Charta pada materi ekosistem. Nilai rata-rata kelas Audio-Visual 79,26 ± 9,05 sedangkan pada kelas Charta 73,47 ± 9,36. Terdapat perbedaan yang signifikan antara media Audio-visual dan media charta sebesar 5,79. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-test dan P > 0,05, (thitung 2,73 > ttabel 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi materi ekosistem dengan media Audio-visual lebih baik dari pada dengan media charta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Afr p |
Keywords: | media pemeblajaran; hasil belajar; media audiovisual; media charta; ekosistem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11338 |