Zulvani, Ulfa (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPYAYASAN PERGURUAN ISTIQLAL TA. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111079 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103111079 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4103111079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103111079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103111079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103111079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103111079 BAB I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
4103111079 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103111079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh positif penggunaan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Istiqlal TA. 2013/2014, (2) respon siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Istiqlal terhadap penggunaan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga pada pokok bahasan kubus dan balok.Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Istiqlal Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 33 orang siswa pada kelas VIII-2 sebagai kelas eksperiman dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretest dan posttest, sebagai alat pengumpul data digunakan instrument tes dan angket. Tes dalam bentuk tes uraian, yaitu soal pretest dan posttest masing-masing sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli, serta angket respon siswa sebanyak 20 item pernyataan.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh kemampuan pemecahan masalah thitung> ttabel¬ yaitu 2,004 > 1,669, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa rata-rata kemampuan pemecahan yang diajar melalui metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemahaman yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Besar pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing berbanuan alat peraga lebih tinggi yaitu 42,64% dibandingkan besar pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung yaitu 40,96%. Serta hasil perhitungan angket respon siswa terhadap penggunaan metode penemuan terbimbing diperoleh 79,89% yang termasuk dalam kategori baikDengan demikian berarti ada pengaruh positif penggunaan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII SMP Yayasan perguruan Istiqlal Tahun Ajaran 2103/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Zul p |
Keywords: | belajar; pembelajaran matematika; metode pembelaajran; pembelajaran langsung; alat peraga; kubus; balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11333 |