PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP N SATU ATAP 6 PAKKAT HUMBAHAS

Simbolon, Rima Aprianti (2014) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP N SATU ATAP 6 PAKKAT HUMBAHAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101111044 COVER.pdf]
Preview
Text
4101111044 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101111044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101111044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101111044 BAB I.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101111044 BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4101111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok tabung dan kerucut di kelas IX SMP Negeri Satu Atap 6 Pakkat Humbahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri Satu Atap 6 Pakkat semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan rata-rata jumlah siswa tiap kelas adalah 24 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IX-A sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B sebanyak 22 orang sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara random dengan sistem undi. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpulan data digunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam bentuk tes objektif pada materi pokok tabung dan kerucut sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan teknik liliefors dan homogenitas tes dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis inferensial regresi anakova. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi untuk kelas eksperimen yaitu Y=59,832+0,349 X dan kelas kontrol Y=54,242+0,363 X. Berdasarkan uji keberartian model regresi dan uji linieritas model regresi diperoleh kesimpulan bahwa model regresi kelas eksperimen dan kontrol berarti dan linier. Berdasarkan uji kesamaan dua model regresi dan homogenitas gradient regresi diperoleh kesimpulan bahwa kedua model regresi sama dan sejajar (homogen). Karena syarat homogenitas dipenuhi, maka analisis kovarians dapat dilakukan. Berdasarkan perhitungan uji analisis kovarians dapat diperoleh F_(hitung )>F_tabel yaitu 12,597 > 4,025 pada taraf ∝= 0,05. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok tabung dan kerucut di kelas IX SMP N Satu Atap 6 Pakkat Humbahas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 516.360 712 Sim p
Keywords: masalah dalam matematika; pemeblajran matematika; konvemnsional; materi ajar; Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item
View Item