Khaira, Putri (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK HIDOKARBON KELAS X DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131049 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103131049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103131049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103131049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4103131049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4103131049 BAB I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103131049 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dua tahap yaitu: tahap pertama sampel kelas diambil empat kelas secara acak dari 9 kelas paralel yang ada di sekolah tempat penelitian. Pada tahap kedua, sampel diambil secara purposif 10 orang siswa di setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 4 perlakuan yaitu Kelas A (media Powerpoint), Kelas B (media Peta Konep), Kelas C (media Molymod), dan kelas D (media kartu hidrokarbon). Data di analisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji BNT. Dari hasil penelitian, diperoleh ada pengaruh media pembelajaran terhadap rataan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA.Media Powerpoint memberikan rataan hasil belajar kimia yang secara nyata lebih tinggi dibandingkan media Peta Konsep, Molymod dan Kartu Hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Kha p |
Keywords: | media pembelajaran; mocrosoft power point; media peta konsep; media molymod; media kartu; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11319 |