Yaningsih, Fitri (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141023 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4103141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4103141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141023 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4103141023 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi inkuiri dan strategi ekspositori pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TP. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TP. 2013/2014 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 132 orang. Metode Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling yakni kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas inkuiri dan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekspositori. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0.41 < 2.631), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3.047 dan ttabel = 2.631 pada taraf α = 0.01 sehingga thitung > ttabel (3.047 > 2.631). Maka Ha diterima yakni ada perbedaan yang sangat signifikan dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terstruktur dan strategi pembelajaran ekspositori pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TP. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Yan p |
Keywords: | hasil beljar; strategi inkuiri; inkuiri tersetruktur; pembelajaran ekspositori; ekskresi manusia; ginjal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11312 |