Sari, Juwita (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGANTAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341026 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103341026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4103341026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4103341026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103341026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103341026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103341026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103341026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103341026 BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
4103341026 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103341026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4103341026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan media animasi dengan yang menggunakan media gambar pada materi pokok sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang tebagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 62 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling dengan jumlah siswa sebanyak 62 orang dengan perincian kelas XI IPA-1dengan menggunakan media animasi dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan kelas XI IPA-2 dengan menggunakan media gambar dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa pada kelas media animasi dan kelas media gambar dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan hasil belajar dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media animasi sebesar 75,81 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar sebesar 69,36. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan  = 0,05, dimana thitung< ttabel (4,85 < 2,00), yang berarti dalam penelitian ini Ha ditolak sekaligus menerima H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan media animasi dengan yang menggunakan media gambar pada materi pokok sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 712 Sar p |
Keywords: | hasil belajar; belajar mengajar; media dalam pembelajaran; multimedia; animasi; morphing |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11306 |