Putriana (2014) INOVASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI KOMBINASI METODE KONVENSIONAL DENGAN TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341036 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103341036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103341036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103341036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103341036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103341036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
4103341036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103341036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103341036 BAB I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103341036 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103341036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada sub materi sistem ekskresi pada manusia dengan inovasi pembelajaran melalui kombinasi metode konvensional dengan TPS (Think-Pair-Share) di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (peneliti) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang rekan peneliti. Pengamatan dilakukan terhadap 28 orang siswa. Indicator keberhasilan peneliti meliputi : persentase penilaian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode TPS (Think-Pair-Share) adalah 47,14 sedangkan rata-rata pada postes I adalah 65,53 dan terdapat 17 orang siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 61%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapa ≥ 85%. Pada siklus II di peroleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,67 serta terdapat 24 orang siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 86% dan mencapai criteria klasikal. Berdasarkan persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 67,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Put i |
Keywords: | belajar; mengajar; proses pembelajaran; metode konvensional; ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11297 |