Kacaribu, Endang Ngapulisa (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DAN ROLE PLAYING PADA SUB MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEI BINGAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141018 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4103141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4103141018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103141018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4103141018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141018 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
4103141018 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Role Playing pada sub materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Bingai Kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Bingai sedangkan sampel yang diambil yaitu total sampling dimana populasi secara keseluruhan dijadikan sebagai sampel penelitian ini. kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang diambil secara random untuk penentuan model pembelajaran, dimana kelas XI IPA 1 diajar dengan Role Playing sedangkan kelas XI IPA 2 diajar dengan Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 30 soal dari 33 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk data kualitatif (aktivitas siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar). Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas secara individu dan secara klasikal yaitu untuk kelas yang diajar dengan Role Playing aktivitas sebesar 80,29% sedangkan kelas yang diajar dengan Snowball Throwing sebesar 71,49%. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas Snowball Throwing adalah 76,20 sedangkan kelas Role Playing adalah 79,24. Peningkatan hasil belajar kelas Snowball Throwing 53,66% sedangkan Role Playing 51,33%. Jadi tidak ada perbedaan yang begitu menonjol dalam penggunaan model pembelajaran ini. Dari hasil uji t(1-1/2 α) diperoleh thitung > ttabel (1,458 < 1,62) yang berarti Ho diterima sekaligus menolak Ha yang berarti tidak ada perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Role Playing pada sub materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negri 1 Sei Bingai Kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Kac p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelaajran; role playing( bermain peran); snowball throwing; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11295 |