Amelia, Nova (2014) Penerapan model pembelajaran know � want - learn sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas xi ipa sma nusantara lubuk pakam tahun pembelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model K-W-L ( Know-Want-Learn) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013-2014. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sample dengan cara Purposive Sampling .Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menekankan kepada kegiatan atau tindakan dengan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata dalam skala makro, dan diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kesulitan yang dialami oleh siswa dan cara mengatasinya sebagai upaya untuk menanggulangi kesulitan yang dialami.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada tes hasil belajar siklus I yang diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 71,25 dalam tingkat ketuntasan 72,5%. Kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran belum optimal dan kegiatan siswa juga belum maksimal. Siswa belum terkondisikan dengan baik, sehingga masih banyak siswa yang membuat ramai dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 74,75 dengan tingkat ketuntasan 82,5%, hal ini terlihat pada proses pembelajaran kegiatan guru dan siswa sudah mengalami peningkatan, guru dan siswa sudah melaksanakan pembelajaran secara maksimal sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal, Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Know-Want-Learn mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik sesuai dengan indikator keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Ame p |
Keywords: | hasil belajar; Know- Want- Learn; penelitian tindakan kelas; sistem ekskresi manusia; instrumen penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11294 |