Gustina, Ayu (2014) PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM), ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION (ARIAS) DAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4103131006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103131006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103131006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103131006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103131006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103131006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103131006 BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103131006 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4103131006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara model Sains Teknologi Masyarakat (STM), Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction (ARIAS) dan Direct Instruction menggunakan PowerPoint terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sifat koligatif larutan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII SMA, terdiri dari empat kelas masing- masing diambil 35 orang sebagai sampel siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposif dengan mengambil tiga kelas. Diperoleh kelas XII IPA 2 sebagai eksperimen 1, XII IPA 3 sebagai eksperimen 2 dan kelas XII IPA 1 sebagai eksperimen 3. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktornya. Kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan ARIAS dan PowerPoint, kelas eksperimen 2 dengan Direct Instruction dan PowerPoint dan kelas eksperimen 3 dengan STM dan PowerPoint. Dari hasil penelitian, data kelompok sampel tidak berdistribusi normal sehingga digunakan statistik non parametris dengan uji Kruskal wallis sebagai uji hipotesis. Hasil uji Kruskal wallis posttest diperoleh Asymp. Sig. sebesar 0,000, sehingga signifikansi < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2 dan kelas eksperimen 3. Sedangkan untuk rata- rata hasil belajar kelas eksperimen 1, 2 dan 3 berturut- turut adalah 55,57, 52,14 dan 73,43 sehingga perlakuan yang paling baik adalah eksperimen 3 dengan STM dan PowerPoint. Untuk peningkatan hasil belajar (N- gain) kelas eksperimen 1, 2 dan 3 berturut- turut addalah 41,52%, 14,9% dan 66,2%. Dapat disimpulkan yang memiliki peningkatan paling tinggi adalah kelas eksperimen 3 yang dibelajarkan dengan model STM dan PowerPoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Gus p |
Keywords: | konstruktivisme pembelajaran; model pembelajaran; media pembelajaran; koligatif larutan; tekanan uap; tekanan osmotik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11282 |