PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKHNIK TALKING CHIPS PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA

Purba, Azriyatuz Salsabila (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKHNIK TALKING CHIPS PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103331008 COVER.pdf]
Preview
Text
4103331008 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
4103331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4103331008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4103331008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
4103331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 TABLES.pdf]
Preview
Text
4103331008 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
4103331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
4103331008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
4103331008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
4103331008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4103331008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
4103331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (Eksperimen 1) dan yang menerapkan model pembelajaran konvensional (Eksperimen 2) pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Kurikulum 2013, Semester I, Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti hanya terdiri dari dua kelas, yang diambil pada sekolah SMAN Negeri 1 Pantai Cermin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretest-postest pada kelas eksperimen 1 yang diperoleh adalah 32,65 ; 86,09, sedang rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen 2 adalah 27,7 ; 75. Pada uji normalitas dengan tehnik uji χ2 pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan tehnik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data penelitian ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan tehnik statistik t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajarana konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.010 712 Pur p
Keywords: belajar dan mengajar; hasil belajar; problem based learning; media molymod; hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item
View Item