Purba, Azriyatuz Salsabila (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKHNIK TALKING CHIPS PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331008 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4103331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4103331008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4103331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103331008 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4103331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4103331008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (Eksperimen 1) dan yang menerapkan model pembelajaran konvensional (Eksperimen 2) pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Kurikulum 2013, Semester I, Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti hanya terdiri dari dua kelas, yang diambil pada sekolah SMAN Negeri 1 Pantai Cermin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretest-postest pada kelas eksperimen 1 yang diperoleh adalah 32,65 ; 86,09, sedang rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen 2 adalah 27,7 ; 75. Pada uji normalitas dengan tehnik uji χ2 pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan tehnik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data penelitian ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan tehnik statistik t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajarana konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Pur p |
Keywords: | belajar dan mengajar; hasil belajar; problem based learning; media molymod; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11278 |