Rangkuti, Lysa Barina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4114131005 COVER.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
4114131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
4114131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4114131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Kimia Siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) berbasis praktikum di SMA Negeri 2 Medan pada Pokok Bahasan sistem Koloid . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan tahun ajaran 2013/2014. Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan sebanyak 8 kelas. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu XI IPA4 (sebagai kelas kontrol) dan XI IPA5 (sebagai kelas eksperimen). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 25 item dengan lima option, yang telah di validkan ke siswa YAPIM, kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 60,24 dengan standar deviasi 346,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 49,29 dengan standar deviasi 274,4. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik t dapat disimpulkan bahwa hasil pretest lebih kecil dari hasil post test pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 82,9 dengan standar deviasi 476,2 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 66,96 dengan standar deviasi 372,8. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik t dapat disimpulkan bahwa hasil post test lebih besar dari hasil pretest pada tingkat signifikan 5%. Dari ke dua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) berbasis praktikum dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Ran p |
Keywords: | belajar kimia; hasil belajar; media praktikum; pembelajaran konvensional; sistem koloid; sifat- sifat koloid; pembuatan koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11277 |