Dash, Jiwa (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331023 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4103331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4103331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
4103331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4103331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media microsoft office powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam telah dilaksanakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI SMA Negeri 2 Model Binjai yang berjumlah 8 kelas dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 30 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta instrument observasi aktivitas belajar siswa. Hipotesis diuji dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni thitung = 11,348 > 1,6671, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media microsoft office powerpoint yakni (81,925 + 39,425), dan model pembelajaran direct instruction menggunakan media microsoft office powerpoint yakni (71,475 + 38,370), (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media microsoft office powerpoint lebih tinggi yakni 81,080 daripada model pembelajaran direct instruction dengan media microsoft office powerpoint yakni 55,630 (3) Model pembelajaran kooperatif tipe TGTmenggunakan media microsoft office powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa,(4) Persentase peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media microsoft office powerpoint lebih tinggi yakni sebesar 73,00% dibandingkan model pembelajaran direct instruction dengan media microsoft office powerpoint yakni sebesar 53,00%, (5) Ranah kognitif yang terkembangkan setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media microsoft office powerpoint adalah pengetahuan (C1) yakni sebesar 91,00% dan pada model pembelajaran direct instruction menggunakan media microsoft office powerpoint adalah pengetahuan (C1) yakni sebesar 72,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Das p |
Keywords: | hasil belajar; belajar kimia; kooperatif TGT; media; microsoft office powerpoint; hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11275 |