Purnamasari, Fitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR TA.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131004 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4102131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
4102131004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4102131004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4102131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4102131004 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4102131004 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4102131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL melalui pendekatan Scientific terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan reaksi redoks kelas X SMA N 1 Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Siantar yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan engan cara purfosif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas tersebut yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode Direct Instruction.Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas,reabilitas,tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Uji normalitas pretest kelas eksperimen diperoleh x2 hitung = 9,36 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ2 = 4,46 dan dan χ 2 tabel = 11,07 dan gain diperoleh x2 hitung = 9,70 dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas kontrol diperoleh dan χ 2 hitung = 8,61 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ 2 hitung = 6,50 dan dan χ 2 tabel = 11,07 dan gain diperoleh x2 hitung = 4,68 dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,087 dan Ftabel = 1,792, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,105 dan Ftabel = 1,792, dan untuk gain diperoleh Fhitung = 1,143 dan Ftabel = 1,792, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t pada kelompok tinggi diperoleh thitung= 4,589 dan ttabel = 2,034, uji t pada kelompokrendah diperoleh thitung= 2,205 dan ttabel =2,032 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model PBL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi yakni sebesar 75,12% daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 63,88% pada pokok bahasan reaksi redoks kelas X SMA Negeri I Siantar T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Pur p |
Keywords: | pembeajaran kimia; model pembelajaran; problem based learning; pendekatan scientific; reaksi redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11269 |