PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR TA.2013/2014

Purnamasari, Fitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR TA.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4102131004 COVER.pdf]
Preview
Text
4102131004 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4102131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4102131004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4102131004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4102131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4102131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4102131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4102131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 BAB I.pdf]
Preview
Text
4102131004 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 BAB V.pdf]
Preview
Text
4102131004 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4102131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4102131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL melalui pendekatan Scientific terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan reaksi redoks kelas X SMA N 1 Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Siantar yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan engan cara purfosif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas tersebut yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode Direct Instruction.Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas,reabilitas,tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Uji normalitas pretest kelas eksperimen diperoleh x2 hitung = 9,36 dan &#967; 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh &#967;2 = 4,46 dan dan &#967; 2 tabel = 11,07 dan gain diperoleh x2 hitung = 9,70 dan &#967; 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas kontrol diperoleh dan &#967; 2 hitung = 8,61 dan &#967; 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh &#967; 2 hitung = 6,50 dan dan &#967; 2 tabel = 11,07 dan gain diperoleh x2 hitung = 4,68 dan &#967; 2 tabel = 11,07. Sehingga &#967; 2 hitung < &#967; 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,087 dan Ftabel = 1,792, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,105 dan Ftabel = 1,792, dan untuk gain diperoleh Fhitung = 1,143 dan Ftabel = 1,792, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t pada kelompok tinggi diperoleh thitung= 4,589 dan ttabel = 2,034, uji t pada kelompokrendah diperoleh thitung= 2,205 dan ttabel =2,032 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model PBL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi yakni sebesar 75,12% daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 63,88% pada pokok bahasan reaksi redoks kelas X SMA Negeri I Siantar T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.393 071 2 Pur p
Keywords: pembeajaran kimia; model pembelajaran; problem based learning; pendekatan scientific; reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 10:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

View Item
View Item