Rahmah, Siti Mutia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASISWEBLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131069 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131069 LEMBAR PENGESDAHAN.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
4103131069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103131069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4103131069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4103131069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103131069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103131069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4103131069 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4103131069 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103131069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran kimia berbasis weblog lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kimia berbasis weblog tanpa model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan yang dibagi menjadi 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling random sederhana (acak), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Instrumen tes yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data peningkatan hasil belajar (gain) pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t satu pihak. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni 5,546>1,670, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran kimia berbasis weblog lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kimia berbasis weblog tanpa model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok hidrokarbon. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (gain) kelas eksperimen adalah 0,778 (77,8%) dan kelas kontrol 0,670 (67,0%). Nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 86,56 dan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 79,84.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Rah p |
Keywords: | hasil belajar; karakteristik CTL; media pembelajaran komputer; senyawa karbon; atom karbon; alkana; minyak bumi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11262 |