Maulani, Yayuk Tri (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOLYMOD BERBASIS BUAH-BUAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131020 COVER.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
4102131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4102131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (832kB) | Preview
4102131020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
4102131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
4102131020 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131020 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media molymod berbasis buah-buahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Hidrokarbon. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 2 kelas. Penentuan sampel penelitian secara purposive sampling yaitu pertimbangan bahwa karakteristik seperti jumlah buku kimia, guru yang mengajar, dan pekerjaan orangtua setiap kelas yang menjadi populasi mencapai kehomogenan. Kelas eksperimen diberikan pengajaran dengan penggunaan media molymod berbasis buah-buahan sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction) tanpa media. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2014. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen sungguhan ( True Experiment Design). Penelitian ini menguji hipotesis dengan taraf α = 0,05, maka: jika thitung ≤ ttabel maka Ho diterima, sedangkan thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media molymod berbasis buah-buahan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa, karena cara ini dapat membentuk pemahaman yang kuat pada siswa untuk memahami bentuk-bentuk molekul. Hasil belajar siswa melalui penggunaan media molymod berbasis buah-buahan rata-ratanya 76,5 ± 8,625 sedangkan pembelajaran langsung (Direct Instruction) 64,833 ± 9,329. Analisis ini menunjukkan bahwa penggunaan media molymod berbasis buah-buahan lebih baik daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) (thitung 5,031 > 1,6723).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Mau p |
Keywords: | belajar; hasil belajar; model pembelajaran langsung; media; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11261 |