Lumban Toruan, Elfridawaty (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341014 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409341014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409341014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
409341014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409341014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409341014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409341014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409341014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409341014 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
409341014 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan sumber data diperoleh dari satu kelas yang dipilih secara purposive sampling. Kelas yang diteliti terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t. Data penelitian hasil belajar diambil melalui hasil pre-test sebagai data awal dan hasil pos-test sebagai data hasil penelitian.Dari hasil perhitungan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil belajar siswa dinyatakan normal. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa, nilai rata-rata pretest sebesar 37,22 dengan SD 13,31 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 81,89 dengan SD 7,77. Peningkatan hasil pretest dan posttest belajar siswa sebesar 54,54%. Perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga t > t (17,45 > 1,99). Dengan demikian maka dan H ditolak sekaligus menerima H . Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.410.712 Lum p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; word square; jaringan maristen; jaringan dewasa; jaringan penyokong; jaringan pengangkut; jaringan gabus; organ tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11260 |