Diningsih, Ayus (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431006 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409431006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
409431006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409431006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409431006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
409431006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
409431006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409431006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409431006 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
409431006 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409431006 DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media windows movie maker lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media windows movie maker. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh kelas X SMA Negeri 1 Limapuluh yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak 2 kelas yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang mendapat pengajaran menggunakan model learning cycle dengan media windows movie maker dan satu kelas yang lain sebagai kelas eksperimen II yang mendapat pengajaran menggunakan model konvensional dengan media windows movie maker. Uji coba instrument tes dari 40 soal diperoleh 18 soal yang valid dengan reliabilitas 0,737 sedangkan nilai rtabel 0,339 pada taraf α = 0,05, sehingga rhitung > rtabel dengan kriteria reliabilitas tinggi.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen I sebesar 30 dan postes 84,38 dengan rata-rata gain sebesar 0,781. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretes 30,5 dan nilai postes 79,40 dengan rata-rata gain sebesar 0,70. Sebelum dilakukan uji statistik yang menggunakan uji-t pihak kanan data gain terdistribusi normal pada kelas eksperimen I (X2hitung = 8,9) dan data gain pada kelas eksperimen II (X2hitung = 9,23) dengan homogenitas sebesar 1,19. Hasil uji statistik menggunakan uji-t pihak kanan menggunakan data gain diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 4,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga rhitung > rtabel.Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media windows movie maker lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media windows movie maker pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 1 Limapuluh. Adapun peningkatan hasil belajar kimia siswa secara signifikan yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media windows movie maker pada pokok bahasan hidrokarbon sebesar 78,1%. Sedangkan untuk kreativitas belajar siswa yang diukur pada proses belajar mengajar dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada akhir pembelajaran sebesar 61,7% memiliki kreativitas yang tinggi dan 38,2% memiliki kreativitas yang sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Din p |
Keywords: | model pembelajaran learning cycle; karakteristik learning cycle; windows movie make; hidrokarbon; isomel; alkane |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11249 |