Manurung, Ameli Oktavia (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MAM PADA SUBMATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PERMBALAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141004 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4103141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4103141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103141004 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4103141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Make A Match pada submateri pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan purposive sampling, dimana XI IPA 3 dijadikan sebagai kelas Numbered Head Together dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan kelas XI IPA 4 dijadikan sebagai kelas Make A Match dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya perbandingan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa yang diajar menggunakan Numbered Head Together dengan Make A Match. Untuk hasil belajar nilai rata-rata skor pre-tes siswa kelas Numbered Head Together 44,1, dengan Standar Deviasi 14,43. Nilai rata-rata skor pos-tes siswa kelas Numbered Head Together 82,12 dengan Standar Deviasi 10,82. Nilai rata-rata skor pre-tes siswa kelas Make A Match 44,3, dengan Standar Deviasi 15,05. Nilai rata-rata skor pos-tes siswa kelas Make A Match 77,1 dengan Standar Deviasi 9,83. Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas secara individu dan secara klasikal yaitu untuk kelas yang diajar dengan Numbered Head Together memiliki aktivitas sebesar 84% sedangkan kelas yang diajar Make A Match dengan sebesar 75%. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,09 > ttabel = 1,994. Sehingga dapat disimpulkan ada perbandingan yang signifikan antara hasil belajar biologi dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Make a Match pada submateri Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Man p |
Keywords: | belajar; proses belajar mengajar; aktivitas belajar; taksonomi bloom; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11213 |