Hutagalung, Yuki Lamaret (2013) PENERAPAN PETA PIKIRAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441044 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409441044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409441044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409441044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
409441044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409441044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409441044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409441044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409441044 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
409441044 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409441044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan peta pikiran dengan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem dikelas X semester 1 SMA Negeri 1 Sunggal tahun pembelajaran 2012/2013. Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 1 kelas yaitu kelas X8 yang berjumlah 33 orang. Sebagai alat untuk mengumpulkan data nilai peta pikiran siswa digunakan rubrik penilaian peta pikiran dengan lima indikator. Untuk melihat hasil belajar siswa digunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal dengan 5 option. Untuk menganalisis data digunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi dengan rumus product moment, uji hipotesis, uji kelinieran regresi, uji keberartian regresi dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata peta pikiran adalah 74,39 dan nilai rata-rata hasil belajar adalah 75,45. Dari analisis data diketahui hubungan antara peta pikiran dengan hasil belajar adalah 0,50. Regresi dari peta pikiran dengan hasil belajar siswa adalah linier dan nilai koefisien determinasi adalah 0,2553 yang berarti kontribusi peta pikiran terhadap hasil belajar adalah 25,53%. Hasil uji statistik t menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara peta pikiran dengan hasil belajar siswa { thitung (3,84) > ttabel (2,46) pada α= 0,01}.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Hut p |
Keywords: | Mencatat;Pencatatan peta pikiran;cara membuat peta pikiran;komponen penyusunsn ekosistem;keseimbangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11208 |