GINTING, ELIS KRISNAWATI BR (2013) PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN ) DALAM TEORIBELAJAR YANG BERMAKNA GAGNE PADA MATERIPOKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409641003 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409641003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
409641003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
409641003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
409641003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
409641003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
409641003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
409641003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
409641003 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
409641003 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409641003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan pembelajaran metode Drill (latihan) dalam teori belajar yang bermakna Gagne pada materi pokok ekosistem di kelas VII SMP Negeri 18 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 320 orang. Sampel diambil secara acak (random sampling) padapenelitianiniyaitukelasVII-8 yang berjumlah 40 orang. Dari hasil analisis data diketahui bahwa tingkat penguasaan siswa pada materi pokok ekosistem tergolong sedang dengan persentase perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 77,5 %. Tingkat ketuntasan belajar yaitu 85 % (tuntas) berarti secara keseluruhan ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. Sementara untuk hasil ketercapaian indikator pembelajaran pada ketiga indikator pembelajaran dinyatakan tercapai dengan persentase ketercapaian yaitu 78 %. Berdasarkan tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian indikator pembelajaran dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran metode Drill (latihan) dalam teori belajar yang bermakna Gagne pada materi pokok ekosistem di kelas VII-8 SMP Negeri 18 Medan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Gin p |
Keywords: | Belajar;Belajar meurut gagne; Cara mengatasi kelemahan;Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11201 |