Asri, Elita (2013) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDRAMANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 KISARANTAHUN PEMBELAJARAN 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141020. COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409141020. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
409141020. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141020. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409141020. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409141020. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141020. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409141020. BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409141020. BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141020. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement Division dengan Group Investigation pada materi Sistem IndraManusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran T P 2012 2013 Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran T P 2012 2013 yang terdistribusi atas6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 256 orang Sedangkan sampel penelitian diambil denganteknik Purposive Sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orangdengan perincian 40 siswa dari kelas XI IPA 5 yang diajarkan dengan model pembelajaranStudent Teams Achievement Division dan 40 siswa dari kelas XI IPA 6 yang diajarkan denganmenggunakan model pembelajaran Group Investigation Jenis penelitian yang dilakukan adalahpenelitian eksperimen Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis data kedua kelas sampeldinyatakan berdistribusi normal dan homogen Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajarsiswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GroupInvestigation lebih tinggi dengan rata rata 82 5 dibanding hasil belajar siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division denganrata rata sebesar 79 3 Adanya perbedaan tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesisdengan menggunakan ujit dengan taraf signifikan 0 05 di mana thitung ttabel 2 213 1 994 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajardengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisiondengan Group Investigation pada materi Sistem Indra Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1Kisaran Tahun Pembelajaran 2012 2013 dengan perbandingan 79 3 82 5 1 1 04
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574 407 12 /Asr/p |
Keywords: | Hasil belajar ; Stad ; Group inksbgatian ; Sistem indra pada manusia ; Indra pandangan ; Indra peraba ; Indra penglihatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11197 |