Herawati, Leny (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MERANTI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441023 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409441023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
409441023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
409441023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
409441023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
409441023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409441023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409441023 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
409441023 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409441023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model NHT Numbered Head Together dengan TPS ThinkPairShare pada sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI IPA SMAN 1 Meranti Tahun Pembelajaran 2012 2013 Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu uasi eksperiment yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing masing kelas Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Meranti Tahun Pembelajaran 2012 2013 yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa Sedangkan sampel diambil dengan berdasarkan sampel total dimana kelas XI IPA1 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together yang berjumlah 36 siswa sedangkan kelas XI IPA2 dijadikan sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang berjumlah 36 siswa sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 72 siswa Berdasarkan hasil uji persyaratan data baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I maupun kelas eksperimen II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam homogen Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II dimana rata rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 84 30 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar 79 86 Berdasarkan nilai rata rata siswa dapat dilihat bahwa siswa kelas eksperimen I dengan model NHT lebih unggul dari pada siswa pada kelas eksperimen II dengan nilai model TPS Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan 0 05 dimana thitung ttabel 6 62 1 659 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together NHT dengan Think Pair Share TPS pada materi Sistem Indera pada Manusia di SMA Negeri 1 Meranti Tahun Pembelajaran 2012 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Her p |
Keywords: | Biologi studi dan pengajaran ; Pembelajaran koperatif ; Nht ; Tps ;Sestem indra pada manusia ; Indra penglihatan ; Indra pandangan ; Indra pembisu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11189 |