Zainuddin (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341059 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409341059 LEMBAR PENGSAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409341059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409341059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409341059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409341059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409341059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409341059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409341059 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409341059 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan lingkungan di kelas X SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2012/2013, dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) sebagai kelas eksperimen 1 dan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) sebagai kelas eksperimen ke 2 . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas (kelas X 1 dan X-2). Yang menjadi sampel penelitian adalah semua populasi yang disebut dengan sampel total, dengan jumlah 72 siswa. Pada kelas X-1 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dan kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT), dimana diperoleh 1 = 83,00 dengan SD X1 = 8,754 untuk kelas eksperimen 1, sedangkan pada kelas eksperimen ke 2 diperoleh 2 = 80,889 dengan SD X2 = 7,672. Hasil analisis data menunjukkan thitung < ttabel (0,348 < 1,670). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan lingkungan di SMA Cerdas Murni Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Zai p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Koperatif Learning; Think -Part-Share; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11185 |