Samosir, Faisal Abdau (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN MINAT WIRAUSAHA SISWADI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANEKABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan dan minat wirausaha siswa di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu control group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane yang berjumlah lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas X 4 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen diajarkan dengan pembelajaran berbasis kewirausahaan dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrument tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Serta angket tertutup untuk mengukur minat wirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 80,882 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 79,706. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung < ttabel yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap penguasaan konsep siswa.Untuk rata-rata nilai minat wirausaha siswa memiliki perbedaaan yang signifikan, dimana rata-rata nilai minat wirausaha siswa kelas eksperimen lebih tinggi yakni 103,118 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 93,029. Dengan α = 0,05 dan dk = 66 diperoleh harga ttabel = 1,997, karena thitung > ttabel 5,324 > 1,997 maka H0 ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap minat wirausaha siswa. Di kelas eksperimen siswa tampak bersemangat sekali mengikuti kegiatan belajar, semua antusias mendengarkan dan bertanya sedangkan di kelas kontrol siswa lebih pasif dengan mendengarkan guru dan diskusi yang tidak bersemangat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.270 712 Sarm p |
Keywords: | Makna;Belajar;Wirausaha;Pembelajaran;Pencemaran;Lingkungan;Air;Udara;Tanah;Daur Ulang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11182 |