Sartika, Dewi (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA SMA KATOLIK TRISAKTI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131016 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409131016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
409131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
409131016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
409131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
409131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
409131016 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
409131016 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooporatif tipe STAD dan praktikum pada pokok bahasan Sistem Koloid lebih tinggi daripada hasil belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooporatif tipe STAD tanpa praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Katolik Trisakti Medan yakni sebanyak 3 kelas Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling Sampel penelitian sebanyak 2 dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas Eksperiman I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Eksperimen II Kelas Eksperimen I dibelajarkan dengan pembelajaran kooporatif tipe STAD dan praktikum dan kelas Eksperimen II dibelajarkan dengan pembelajaran kooporatif tipe STAD tanpa praktikum Penelitian ini menggunakan instrument tes yang telah diujicobakan dan telah valid Data hasil kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t test yaitu uji satu pihak pihak kanan dan diperoleh t hitung 2 542 dan ttabel 1 6654 untuk 005 dan db 86 Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung 2 542 ttabel 1 6654 terpenuhi Artinya H0 tidak diterima Ha diterima yang berarti Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan praktikum lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa praktikum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 2 Sar p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif ; Metode pratikum ; Sistem koloid ; Larutan ; Efek tyndall ; Gerak brow |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11155 |