Purba, Basten Markus (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA SWASTA SILOAM MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331007 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408331007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
408331007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408331007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408331007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
408331007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408331007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408331007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
408331007 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
408331007 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408331007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada materi Hidrokarbon di SMA Swasta Siloam Medan pada kelas X semester genap tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Siloam Medan sebanyak 2 kelas yang memiliki jumlah siswa rata-rata 30 orang. Sampel dalam penelitian adalah sampel populasi yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen dibelajarkan dengan TSTS dan kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 19 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen 0,57458±0,13733 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 0,50367±0,12225. * Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen sebesar 57,5 % sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 50,4 %. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (2,44 > 1,6723) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran TSTS lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan pembelajaran konvensional.  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Pur p |
Keywords: | belajar kimia; aktivitas belajar; model pembelajaran; model kooperatif learnig TSTS; hidrokarbon; alkana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11142 |