Lestari, Novita (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PENGAJARAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331039 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409331039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
409331039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409331039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409331039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409331039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409331039 Bab I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
409331039 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409331039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bersifat eksperimen sungguhan (True Experiment Design) dalam bentuk rancangan Pretest-Posttest Control Group Design menggunakan dua kelompok sampel yang diambil secara acak dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajara TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media sedang kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 22 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Dari pengolahan data diperoleh rata-rata peningkatan (gain) hasil belajar kimia di SMA N 11 Medan Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran TGT dengan menggunakan media sebesar 62 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 75,95 ± 5,79 dan kelas kontrol sebesar 57 % dengan rata-rata 72,82 ± 5,59. MAN Rantauprapat kelas eksperimen sebesar 71 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,37 ± 6,02 dan kelas kontrol 56 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 72,4 ± 4,89. Sedangkan SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat kelas eksperimen sebesar 59 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 73,6 ± 6,64 dan kelas kontrol 48 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 35,63 ± 6,09. Hasil pengujian hipotesis, pada ketiga sekolah tempat penelitian berlangsung, Ha diterima yang berarti bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 549 010 71 Les p |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; kooperatif TGT; media pembelajaran; microsoft office power point; atom karbon; alkana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11129 |